Rabu, 03 Februari 2010

TIPS CERDIK MENGUNDUR DEADLINE PEKERJAAN


Deadline atau tenggat waktu memang membikin stres. Terutama buat orang-orang yang gampang ber-‘nanti dulu ah’. Namun, bukan salah Anda jika pekerjaan begitu banyak dan beberapa di antaranya tak bisa selesai tepat waktu. Anda bisa berkelit denga cara-cara sebgaimana Tips berikut ini:

1. In Time. Dari awal Anda pasti sudah menduga ada pekerjaan yang tidak mungkin selesai tepat waktu. Segera atur strategi ini. Pilih 2 atau 3 pekerjaan yang bisa Anda selesaikan lebih cepat. Kerjakan dengan kesempurnaan sebisanya. Setelah itu segera serahkan salah satu atau salah duanya. Jangan semuanya.

2. Banyak Bertanya. Kemuadian, pada saat tenggat waktu, datangi bos Anda dengan gagah berani, lalu banyaklah bertanya soal pekerjaan yang sudah Anda selesaikan. Minta pendapat sebanyak mungkin, dan arahkan ke hasil yang sudah Anda buat. Begitu selesai, kembalilah ke meja Anda, kerjakan pekerjaan yang belum selesai itu, dan 15 atau 30 menit kemudian, serahkan tugas yang tadi Anda tanyakan tersebut. Tugas yang sebenarnya sudah selesai dari ‘abad lalu’.

3. Taktik “On Progress Bayangan”. Jika bos mendatangi Anda dan menanyakan tentang pekerjaan tersebut -padahal pekerjaan tersebut belum sempat Anda kerjakan, karena tugas yang lain juga masih antri dalam tumpukan- sampaikan bahwa saat ini progres sudah mencapai 80-90% tinggal finalisasi saja. Hal ini akan memberikan waktu tambahan kepada Anda untuk mengerjakan pekerjaan tersebut -tentunya ketika bos menanyakan kembali progres Anda sudah bertambah atau bahakn sudah selesai.

4. Mengeluh Sedikit. Bos sudah terkesan. Sekaranglah waktunya Anda sedikit saja mengeluh sola pekerjaan yang belum selesai. beritahukan kendala Anda dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Begitu terlihat bos menunjukan tanda simpati, dan berusaha membantu, segera katakan, “Bos, saya akan berusaha menyelesaikan pekerjaan ini. Tapi, tidak apa-apa kalau agak telah ya?” Biasanya bos akan lebih longgar pada anak buah yang terlihat berusaha mati-matian dan menunjukkan hasil kerja lumayan.

5. Kambing Hitam. Ini juga bisa jadi trik pamit terlambat menyelesaikan tugas. Tapi jangan jadikan orang lain sebagai kambing hitam. Alasan yang paling dibenci bos adalah anak buah yang hobi menyalahkan orang lain. mendengar orang menyalahkan kondisi saja sudah menyebalkan, apalagi blamming others. Halyang paling nice untuk disalhakan adalah kondisi diri Anda. Misalnya, kram perut bulanan (untuk Anda wanita) atau mobil rewel (bagi para pria). Atau Anda juga bisa mengatakan “Saya payah dalam mengatur waktu dan enentukan priosritas. Maaf bos, kali ini saya terlambat menyerahkan assignement tepat waktu. Lain kali tidak terluang lagi.” Bos mudah paham pada alasan seperti ini.

6. Tunjukan Proses. Laporkan progres dari pekerjaan Anda sehingga bos tahu. Anda sedang mengerjakan pekerjaan yang terlambat tersebut. Kalau perlu ceritakan progres sekecil apapun. Yah, ini memang potensial dianggap gangguan, tapi lumayanklah membuat bos menyuruh Anda untuk duduk baik-baik di meja dan segera menyelesaikan pekerjaan itu (walau terlambat)

7. Berlagak Sibuk. Anda pasti enggan mengajak bicara orang yang terlihat sibuk. Berkutat di depan komputer dengan tampang super serius, sesekali mendecak dan menggaruk-garuk kepala, serta tidak menengok ke kiri atau ke kanan sama sekali. Belum lagi ditambah aksi meniggalkan kursi, melangkah dengan cepat (entah kemana), kembali dengan membawa berkas atau apapun (kecuali makan minum), selakyaknya orang sibuk yang sebarnya. Begitu pula bos. Dia akan berusaha menghorati anak buahnya yang tampak sibuk. Di dalam kepalanya, Anda sedang sibuk menyelesaikan pkerjaan yang terlambat itu. Bila berpapasan dengan bos, segera minta maaf atas keterlambatan itu (sambil jangan hilangkan tampang sibuk Anda tadi).


SUMBER KUTIPAN (kecuali gambar ilustrasi) : Tipsanda.com

0 TANGGAPAN:

Posting Komentar

PARA PEMBACA "GUDANG TIPS KITA" YANG TERHORMAT
SILAHKAN KOMENTAR ANDA......................


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL "TIPS" POPULER SAAT INI :::::::::