Minggu, 10 Februari 2013

TIPS CARA MENGATASI SEMBELIT



Sahabat #GudangTipsKita -

Sembelit atau konstipasi merupakan suatu gangguan pencernaan yang umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Sembelit dapat berupa berkurangnya frekunesi buang air besar, sehingga efek tidak langsungnya kotoran akan menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Bila mengalami sembelit, seseorang sampai harus mengejan (menimbulkan rasa nyeri) atau rasa tidak tuntas setelah buang air besar (BAB). Seperti saat diare, sembelit juga sering memberikan sensasi "tidak nyaman" pada perut.

Faktanya, tidak semua orang dapat rutin buang air besar minimal sekali setiap hari. Frekuensi BAB yang masih bisa dibilang normal adalah dua hari sekali (3-4kali seminggu). BAB yang frekuensinya berkurang dari dua hari sekali menjadi 3 hari sekali/lebih bisa mengalami gejala sembelit dan ksulitan untuk BAB.

Penyebab Sembelit

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gejala sembelit, beberapa di antaranya merupakan hal-hal yang umum (bukan penyakit). Kurangnya konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, banyak mengkonsumsi lemak, kurang minum air putih, kurang olah raga, stress adalah beberapa penyebab sembelit. Jangan salah, suka/kebiasaan pakai obat/herbal pencahar untuk membantu BAB, sehingga kalau tidak menggunakan obat tersebut merasa sulit BAB juga menjadi pemicu tidak langsung.  Beberap efek samping obat lain juga diketahui menyebabkan konstipasi, misalnya: Codein HCl (golongan narkotika yang bahasa awamnya berfungsi menekan batuk).

Apa yang harus dilakukan bila mengalami sembelit?

Bila Anda atau anggota keluarga Anda mengalami sembelit, silahkan coba beberapa tips dibawah ini untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut Anda.
  1. Perbaiki pola makan, kurangi lemak (santan,gorengan) dan perbanyak konsumsi sayur buah.
  2. Minum air putih minimal 8 gelas/hari (1gelas=200ml), kurangi minuman yang bisa menimbulkan gas.
  3. Kurangi juga minuman-minuman yang menghasilkan efek gas, seperti soft drink, soda, dan alkohol.
Demikian ulasan kali ini tentang sembelit dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.







SAHABAT, JANGAN LUPA SILAH BACA : UNTUK BERBAGI INFO, SEBAR LUASKAN TIPS INI :

2 TANGGAPAN:

pelangsing biolo mengatakan...

jangan di mampetin

wsc biolo mengatakan...

kan keuar semuanya

Posting Komentar

PARA PEMBACA "GUDANG TIPS KITA" YANG TERHORMAT
SILAHKAN KOMENTAR ANDA......................


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL "TIPS" POPULER SAAT INI :::::::::